Bali merupakan salah satu provinsi Indonesia yang terkenal akan keindahan alamnya. Meski terlihat modern dan eksotis, kamu masih bisa menemukan kentalnya kebudayaan, seperti rumah adat, tradisi, dan upacara yang dilakukan oleh para penduduknya.

Tidak heran bila Pulau Dewata satu ini selalu masuk daftar destinasi wisata impian, baik bagi turis lokal maupun mancanegara. Apakah kamu salah satunya yang baru pertama kali mau liburan ke Bali?

Daftar Persiapan Liburan ke Bali Buat Pemula
Nah, supaya liburan kamu di Bali lebih menyenangka, simak beberapa tips yang telah kami rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Siapkan Rencana Perjalanan
Sebelum ke Bali, buatlah daftar perencanaan, mulai dari berangkat naik apa, berapa lama waktu liburan, tempat wisata yang ingin dikunjungi, hingga akomodasi untuk menginap di Bali.

Sebagai permulaan, kamu bisa mengumpulkan informasi dari laman Dinas Pariwisata Provinsi Bali. Dengan begitu, kamu bisa mendapakan referensi seputar destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi.

2. Kemas Pakaian dan Barang yang Paling Dibutuhkan
Bila sudah membuat perencanaan liburan, berikutnya adalah mempersiapkan barang bawaan selama berada di Bali.

Melansir dari The Trusted Traveller, ada baiknya kamu membawa pakaian dengan bahan serat alami untuk membuat kamu tetap sejuk. Apalagi, Bali terkenal dengan wisata pantai yang eksotis. Jika berencana mendaki gunung, siapkan juga jaket dan sepatu yang baik.

Kemudian, bawa selalu masker dan hand sanitizer. Selain untuk mencegah penularan Covid-19, alat kesehatan ini diperlukan untuk menjaga kebersihan.

Nah, supaya isi koper kamu muat banyak, kamu bisa menggunakan kantong vakum, seperti rekomendasi berikut ini.

3. Pilih Hari Berlibur yang Tepat
Memilih hari dan waktu liburan ke Bali memang harus tepat. Waktu terbaik mengunjungi Bali adalah bulan Mei hingga Oktober. Sebab, hujan jarang turun dan cahaya matahari tidak terlalu panas. Jadi, kamu bisa menikmati keindahan pantai Bali, deh!

4. Pesan Tiket dan Hotel dari Jauh Hari
Menjelang liburan, harga tiket pesawat bisa saja melonjak tinggi. Untuk menghindari hal tersebut, pesan tiket dan booking hotel dari jauh-jauh hari melalui online. Jika kamu cukup beruntung, kamu bisa mendapatkan promo untuk pemesanan tiket pesawat dan hotel, lho!

5. Sewa Kendaraan
Jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa mencoba untuk menyewa kendaraan. Dikutip dari The Trusted Traveller, ada banyak jasa rental kendaraan di Bali yang menawarkan harga murah.

Cukup pastikan bahwa kendaraan tersebut memiliki asuransi dan punya kondisi yang baik. Agar lebih aman dan nyaman, kamu juga bisa menyewa jasa supir lokal untuk mengantar kamu keliling Bali.

Namun, jika hanya melakukan perjalanan singkat, taksi atau transportasi online bisa menjadi pilihan yang baik.

6. Nikmati Hidangan Khas Bali
Selain punya banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, makanan khas Bali juga tidak boleh terlewatkan. Tentu, liburan ke Bali tidak akan lengkap bila belum mencicipi sate lilit, ayam taliwang, nasi jinggo, hingga bebek betutu.

7. Ikuti Adat Istiadat Setempat
Pernah mendengar peribahasa “di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung“? Nah, kamu bisa menerapkan prinsip ini saat berlibur ke Bali. Di samping keindahan dan pesona alamnya, Bali terkenal sebagai tempat dengan spiritualitas yang tinggi.

Saat mengunjungi pura suci, gunakanlah pakaian yang sopan dan tertutup. Kemudian, tetaplah bersikap santun dan hargai budaya setempat.

Nah, itu dia tips jitu berlibur ke Bali untuk para pemula. Sebelum berangkat, siapkan perlengkapan liburan, seperti rekomendasi kami berikut ini.

error: Content is protected !!
Previous slide
Next slide